C. Prasarana Perhubungan
- Jalan-jalan
a. Jalan khas IV 6,9 km, diaspal 65%, sisanya 35% masih batu dan tanah
b. Jalan desa/nagari 12,5 km, diperkeras 75%, belum diperkeras 25%
c. Jalan setapak 10 km, 100% tanah
- Jembatan
Enam jembatan telah diperbaiki permanen, 4 buah bangunan Pemerintah Dati II Agam, 3 buah Bangdes, sedang 3 buah lagi masih darurat.
D. Sarana Angkutan
Bahwa pemasaran dari produksi Mobiler, Jeruk Manis dan lain-lainnya, untuk mendapatkan bahan-bahan baku, keperluan sehari-hari, adalah pasar Bukit Tinggi. Maka setiap hari pekan di Bukit Tinggi ada 20 kendaraan oplet dan sejenis bus Toyota yang melakukan operasi di Kamang, sedang pada hari-hari tidak pasa Bukittinggi (diluar hari Sabtu dan Rabu) ada sekitar 15 kendaraan yang pulang pergi.
Kesibukan dari alat pengangkutan tersebut dikarenakan produksi mobiler, jeruk manis, padi dan sebagainya lebih meningkat dari tahun-tahun yang silam, sebagian motor kepunyaan penduduk nagari lain. Akibat peningkatan produksi tersebut diatas maka kendaraan bermotor dan lain-lainnya kepunyaan penduduk Kamang turut meningkat pula.
Jumlah sarana angkutan yang milik penduduk Kamang hilir
keadaan 1979/1980
No | Jenis Kendaraan | Banyaknya | |
1978/1979 | 1979/1980 | ||
1. | Gerobak tangan | 450 buah | 465 buah |
2. | Gerobak demo | 1 buah | 1 buah |
3. | Pedati | 3 buah | 2 buah |
4. | Becak | 2 buah | 2 buah |
5. | Kereta angin | 439 buah | 447 buah |
6. | Kendaraan motor roda 2 | 40 buah | 91 buah |
7. | Kendaraan roda empat | 4 buah | 8 buah |
8. | Truk ¾ ton | 1 buah | 4 buah |
9. | Truk 3 ton | - buah | 1 buah |
10. | Sedan | 2 buah | 2 buah |
Komentar
Posting Komentar