Langsung ke konten utama

Monografi Nagari Kamang 1980_35

[caption id="" align="alignleft" width="600"] Ilustrasi Gambar: Disini[/caption]

Di Rumah Anak Daro


Sesampainya marapulai di jenjang rumah anak daro, marapulai tidak dapat langsung naik ke atas rumah isterinya. Ada satu ritual lagi yang mesti dilalui si marapulai yakni dekat batu tapak-an,[1] dikembangkan payung, kemudian bako anak daro menaburi marapulai dengan sakuai (terdiri dari sakuai dan beras randang dan lain-lain).


Sesudah itu barulah marapulai naik ke atas rumah, dan didudukkan sekira-kira pertengah malam, membelakang ke jendela dan menghadap ke pintu bilik/kamar. Penantian marapulai ini cukup pula Penghulu, orang tuo-tuo, mamak-mamak, karib baid, begitupun amai bapak di kaum anak daro, kalau ada yang kurang/tertinggal atau tak datang menjadi permasalahan, diselesaikan dengan baik menurut adat.


Setelah cukup semua hadir dalam perhelatan itu, kemudian sipangka mengantarkan carano ke tengah perhelatan dan diletakkan dekat Penghulu, kemudian diiringi dengan pidato siriah, disebut satu persatu isi carano tersebut, antaro lain, ialah :




  • Siriah si Alai nak rang Kamang, siriahnyo udang tampak ari, tampuak nan bagai kuku balam, bungonyo jarang basuo, buahnyo elok katiruan, batangnyo elok katinaman, gagang manggaluang dirumpunnyo, harimau mangaum diureknyo, labah badayun di daunnyo, daunnyo intan jo padi bapantang masiak dek paneh, bajamua ka biliak dalam. Satahun dalam pangguluang, usak ka letak letai lai tido, usah kalayua batambah hiduik tampuaknyo baitu juo, ruponyo batambah mudo.

  • Pinangnyo, pinang dasun dibalah duo, pinang nan dikida rumah, pinang biluluak dibalah ampek, pinang nan dibolak dan dibolai, tingginyo jambo-jamboan, satahun tupai mamanjek, salodang hanyo nan jatuah. Garabak ka banda cino, pinang tuo ka Banua Ruhum, siriah basusun pinang batanai, talatak dalam carano. Carano manyarano Reno Ali, kaduo ameh kadanm aso-aso, kadam batutup Koto Tangah, tampak bak bungo kacubuang, rimbun bak bungo balikih, gagun gagak ka inggok, congkak bak tiuang ka batang, lantiak bak alang bamain, bak nantun susun siriah.

  • Lorong pulo pado gambianyo, gambianyo haluih dari Silayang, diabuih dengan pucuaknyo, pucuaknyo merah bukan alang-alang. Gadang sangsaro dikanduangnyo, ba-apik bakampo pulo, elok dimakan tangah malam gagang dikunyah sadang pahik, sapahnyo jaduah kadalam siram, tingga dibibianyo hanyo merahnyo.

  • Lorong pulo tantang sadahnyo, sadahnyo aluih bagai ambun, satahun dipanggang bugih, samusim dibaka cino. Bakipeh jo ambai-ambai, babasahi jo aia bungo, baturap jo pati santan. Dipalik jo ujuang jari, bakisa kajari manih, dibalik jo jari manih, mambayang ka tapak tangan. Sakadam sakati limo, diharagoi tidak taharagoi, antah satimbang jo lautan.

  • Lorong pulo pado santonyo, santonyo haluih bagai ambun, ditanam di tanah Ruhum, pakirim sutan dari P Capuaknyo panau bidodari. Disaik si Santi Alam nan mahampai si Santi kayo. Sahoto panjang jelaknyo, bajamua katangah padang, lambok barambun tangah malam, isok-an anak rajo-rajo, isok-an Sutan jo Bagindo. Sajangka dilolak api, usah kaluak, lambang lai tido, asok mandulang ka udaro, antah kok satimbang jo nagari.


Sesudah pidato si Alek itu dan kemudian berbalas-balasan antara sipangka dan si Alek. Pada kesempatan itulah pandang jauah balayangkan pandang dakek batukiakkan dek si Alek, kalau ada orang-orang yang patut-patut tidak hadir ketika itu dari sipangka atau amai bapaknyo.


Kemudian dilanjutkan dengan minum dan makan, seselesai minum dan makan, maka oleh sipangka di ketengahkan yang disebut ADAT KATANGAH dengan antaran kata –terpotong- dikain suto, tiok suduik raginyo bugih, sampai balaia nak ka Padang, arek muatan buah palo, tiang bapaluik jo indo banat, laia baturan jo aie ameh.


Lah wajib paradu ain, lai ketek mananti gadang, lah gadang tacik kiro-kiro, tumbuah bana dalam hati, mako dicari hari nan baiak, kutiko nan elok, dilangkah nan lalu, pakarajaan nan sunyi, dibungo lambang duo kali lapan, di tahun duo kali limo, cupak tatagak nan di isi, ragi takambang nan dituangi.


Kok bana amanat di nan cadiak, jadi pepatah di nan tuo, mamakai adat dengan syarak. Kaapa sapanjang syarak, lah samparono bapati dengan do’a di surau (telah dikawain dinikahkan). Tun baatoh hanyo lai, sapanjang adat kami nan katangah, dikain nan balipek, dipitih dan babilang, io bana nak ditarimo suko.


Adat katangah, kain nan balipek, pitih nan babilang, mempunyai ketentuan-ketentuan menurut adat, sasuai dengan janjang naiknya, yaitu :




  • Untuk nan mudo, sehelai kain sarung cap padi/sebangsanya, uang f. 2,5 gulden kini Rp. 500 kain balipek itu disebut juga menurut adat “kain pahibo”.

  • Untuk alim ulama dan Penghulu Bungka kain sarung Bugis dan uang f. 5,5 gulden, kini Rp. 1.000,-[2]


Makan Kepala Ayam


Selepas si Alek turun dari rumah itu, maka marapulai disilakan menukar pakaiannya dengan pakaian biasa, sembahyang dan sebagainya, kebiasaan tinggal kaum ibu saja di rumah, kemudian marapulai kembali duduk di tengah rumah, duduknya telah bertukar dari duduk sepulan, yaitu duduk menghadap ke jendela dan membelakang pintu bilik, lantas tibalah hidangan/juadah yang dikenal dalam adat “MAKAN KAPALO AYAM”. Sambil makan keluarlah berbagai kuncindan dan kalimat-kalimat/kata-kata dari ibu-ibu itu yang merupakan menghilangkan malu-malu kucing sang marapulai. Larut malam baru selesai dan sewaktu akan tidur, marapulai diselimuti oleh Induk bako anak daro. Demikian peristiwa makan kapalo ayam.


__________________________________________


Catatan Kaki:


[1] Batu Tapak-an ialah sejenis batu sungai, bentuknya datar. Terletak di hadapan rumah didekat cibuak. Cibuak ialah bambu yang digunakan sebagai penampung air cucuran atap. Digunakan untuk membasuh kaki, sedangkan Batu Tapak-an digunakan sebagai alas ketika membasuk kaki sebelum naik ke rumah. Selain untuk membasuk kaki, air dari Cibuak ini juga digunakan untuk berwudhu. Membasuh kaki sudah menjadi kebiasaan di Minangkabau ini karena pada masa dahulu, orang Minangkabau tak terbiasa memakai alas kaki (sepatu atau terompah). Hal ini bukan karena primitif, kalau orang Minang primitif tentu takkan ada Cibuak dan Batu Tapak-an, hal ini justeru menandakan orang Minang ialah orang yang berperadaban karena kebersihan begitu diutamakan. Kebersihan ialah bagian dari ajaran Islam dan ciri orang berpedaban.


[2] Menurut takaran uang masa 1980an

Komentar

  1. Duluuu... waktu aku kecil (kelas 5-6 atau sampe smp) di kampung, kalau ada yang nikahan, sama teman2 sebaya suka ikut2an orangtua nganterin marapulai atau manunggu marapulai... Tujuannya liatin pepatah petitih ato balas pantu penghulu yang menurut anak2 lucuuuuu banget, hehe

    BalasHapus
  2. sekarang kanak-kanak lebih gemar main game online di hape, tab, ataupun warnet encik.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Katam Kaji

[caption id="attachment_779" align="alignright" width="300"] Salah satu gambar yang kami dapat dari kampung[/caption] Terdengar oleh kami telah tiba pula musim Katam Kaji [1] di kampung kita. Pada hari Ahad yang dahulu (22 Juni 2013) kami dengar kalau orang di Surau Tapi yang ba arak-arak. [2] Kemudian pada hari Kamis yang lalu (27 Juni 2013) tiba pula giliran orang Joho dan sekarang hari Ahad (30 Juni 2013) merupakan tipak [3] orang Koto Panjang yang berarak-arak. Memanglah pada pekan-pekan ini merupakan pekan libur sekolah bagi anak-anak sekolah. Telah menerima rapor mereka. Memanglah serupa itu dari dahulu bahwa Katam Kaji dilaksanakan oleh orang kampung kita disaat libur sekolah. Namun ada juga yang berlainan, seperti orang Dalam Koto yang akan melaksanakan selepas Hari rayo Gadang [4] dan Orang Taluak yang kabarnya akan mengadakan selepas Hari Raya Haji . [5] Kami tak pula begitu jelas pertimbangan dari kedua kampung tersebut. Mungkin engku dan

29. Tata Upacara Adat Minangkabau: Upacara Batagak Pangulu

UPACARA BATAGAK PANGULU Salah satu upacara atau alek ( ceremony ) adat Minangkabau yang paling sakral yang mendapatkan perhatian dan perlakukan khsus adalah Batagak Pangulu atau ada juga yang menyebutnya Batagak Gala .  Upacara ini merupakan peristiwa pentasbihan dan pengambilan atau pengucapan sumpah serta janji seorang Pangulu pada saat ia diangkat dan dinobatkan sebagai pemimpin kaum yang bergelar Datuak. Upacara adat ini sesuai dengan ajaran Islam sebagaimana firman Allah mengingatkan: Sesungguhnyan orang-orang yang menukar janji ( nya dengan Allah ) dan sumpah-sumpah mereka dengan harga yang sedikit maka mereka itu tidak mendapat bahagian dari ( pahala ) di akhirat, dan Allah tidak akan berkata-kata dengan mereka dan tidak akan melihat kepada mereka pada hari kahirat dan tidak ( pula ) akan menyucikan mereka. Bagi mereka adalah azab yang pedih (QS:3:77). Pada bagian lain Allah juga mengingatkan: “ Dan janganlah kamu mengikuti orang yang selalu bersumpah, lagi yang hina ” (QS 6

Luak Gadang & Luak Kaciak

Luak , begitu sebagian orang Minang menyebutnya. Atau orang sekarang lebih mengenalnya dengan sebutan sumua atau sumur. Luak adalah sumber untuk mengambil air bagi sekalian orang, sebelum dikenalnya sistim penyaluran air oleh PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) sekarang. Pada masa sekarang, hampir sekalian rumah di Kamang memiliki luak namun tidak demikian pada masa dahulu. Dahulu luak hanya dimiliki oleh sebagian keluarga dan itupun tidak berada di dekat rumah melainkan agak jauh dari rumah. sehingga menyebabkan untuk mengambil air orang-orang harus berjalan agak jauh. [caption id="attachment_749" align="alignleft" width="300"] Luak Gadang[/caption] Adalah Kampuang Lubuak sebuah kampung di Jorong Nan Tujuah di Kamang. Kampung ini memiliki luak kampung yang bernama Luak Gadang dan Luak Kaciak. Kedua luak ini memiliki kegunaan (fungsi) yang berbeda. Luak Gadang berguna untuk mencuci dan mandi sedangkan Luak Kaciak berguna untuk mengambil air minum