Langsung ke konten utama

Bila panggilan Rangkayo ditukar menjadi "Ibu"

[caption id="" align="alignleft" width="238"] Gambar: Aswilblog.wordpress[/caption]

SEBUAH KISAH DARI ALBUM TEMPO DOELOE


GAMBAR foto ini dibuat lebih kurang 63 tahun yang lalu berlokasi di kota Solok (Sumatera Barat). Ibu yang terlihat pada gambar bernama MARIAH, sedang berpose bersama tiga orang putera-puterinya di masa itu. Si Bapak dalam keluarga ini tidak sempat ikut bersama berpotret, karena fotografer datang untuk opname saat beliau lagi tournee ke daerah pedalaman dalam afdeeling Solok (sekarang kabupaten Solok). Kaharuddin, suami Mariah, pada masa itu mempunyai kedudukan sebagai “Onderdistrictshoofd” (camat) dengan pangkat Assisten Demang.


Sebelum Mariah dan Kaharuddin menikah dalam tahun 1926, masing-masingnya adalah si isteri tamatan Hollandsch Inlandsche School (HIS= SD 7 tahun) di Sigli Aceh dan sang suami tamatan Opleidings school voor Inlandsche Ambtenaren (OSVIA= Sekolah Pangreh-praja) di Fort de Kock (Bukittinggi). Oleh teman-teman beliau, Mariah dipanggilkan sehari-hari dengan nama kecil Mari tapi oleh suami tercinta dipanggilkan Iyah. Sebaga isteri pejabat pemerintahan di zaman kolonial Belanda dulu, orang-orang diluar lingkungan keluarga memanggilkan beliau dengan sebutan “rangkayo” atau di lingkungan yang berbahasa Belanda dipanggilkan “mevrouw Kahar”. Istilah “rangkayo” ini mulai menghilang di dalam masyarakat Minangkabau/Sumatera Barat sejak datangnya militer Jepang dan menguasai pemerintahan di Indonesia (1942-1945). Sampai dewasa ini dalam masa alam kemerdekaan Republik Indonesia, panggilan rangkayo untuk isteri-isteri pejabat di Minangkabau/Sumatera Barat boleh dikatakan tidak kedengaran lagi.


Sejak Kaharuddin memangku gelar Datuk Rangkayo Basa (1936) maka kedua-duanya suami isteri ini dipanggilkan rangkayo, Cuma untuk Kaharuddin banyak dipergunakan di lingkungan keluarga dengan “Rangkayo Basa”. Sejak zaman pemerintahan penjajahan Jepang, di Indonesia mulai dipakai panggilan “ibu” bagi isteri-isteri pejabat, maka Mariah sering juga dipanggilkan dengan sebutan “ibu datuk” atau “ibu Rangkayo Basa”.


Dengan mengalami aneka ragam suka-duka mengikuti perjalanan dan perembangan pemerintahan di zaman Hindia Belanda, zaman pemerintahan militer Jepang sampai ke perjuangan menegakkan dan mempertahankan Republik Indonesia, Ny. Kaharuddin atau ibu Datuk mempunyai pengalaman dan perjuangan sendiri sebagai seorang isteri ambtenaar, pegawai negeri/pejabat pamongpraja dan kepolisian. Sesuai dengan perkembangan kedudukan suami maka ibu Datuk, pernah menjadi isteri Asisten Demang, Asisten Wedana Polisi, Kepala Polisi Padang Luar Kota, Kepala Polisi Keresidenan Riau, Kepala Polisi Kota Padang, Kepala Polisi Provinsi Sumatera Tengah dan isteri Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Sumatera Barat. Zaman orde lama Gubernur Kepala Daerah juga merangkap jabatan Ketua DPRD Gotong Royong, berarti ibu Datuk juga pernah menjadi Nyonya/Ibu Ketua DPRD-GR Sumbar (1958-1965).


Pada umurnya yang ke 72, Ny. Kaharuddin Dt. Rangkayo Basa memperoleh penghargaan berupa pe-nyerahan Piagam dan Medali Melati dari Pimpinan Pusat Bhayangkari (organisasi isteri-isteri POLRI) karena kesetiaannya selalu mendampingi suami dalam perjuangan serta jasa-jasa dalam keikut-sertaan pembinaan persatuan/organisasi polisi pada masa-masa lampau dalam wilayah Sumatera Tengah. Piagam dan Medali tersebut diserahkan pada tanggal 19 Oktober 1983 mengambil tempat di Balai Pertemuan Kaharuddin Dt. Rangkayo Basa di jl. Ir. Juanda (Lolong) Padang. Brigjen Pol. Purn. K. Dt. Rangkayo Basa meninggal 1 April 1981 dan tidak sempat menyaksikan penghargaan bagi isterinya.


Anak-anak yang terlihat pada foto, yang dipangku adalah Djohari dan putra yang berdiri adalah Adrin sedangkan puteri yang berdiri adalah Mariati. Ibu Mariah pada tanggal 11 November 1994 tahun ini berumur 83 tahun dan beralamat sekarang di jl. Tan Malaka no. 8 Padang, menghuni rumah sederhana yang telah menjadi pemukimannya sejak tahun 1950.


Adrin Kahar (Haluan Minggu, 27 November 1994)


Catatan:


Ibu Mariah telah meninggal dunia pada tanggal 9 Mei 2008 di Jakarta dalam usia 96 tahun.


Lihat lebih lanjut di: https://aswilblog.wordpress.com/category/adrin_kahar/page/2/

Komentar

  1. […] Panggilan Rangkayo mulai menghilang dimasa Kolonial Jepang dan mungkin seiring dengan itu panggila…. Dimasa-masa tahun sembilan puluhan panggilan Tuan masih terdengar oleh kami yang acap dipandankan dengan Nyonya namun panggilan itu mulai menghilangkan digantikan dengan Bapak dan Ibu. […]

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Katam Kaji

[caption id="attachment_779" align="alignright" width="300"] Salah satu gambar yang kami dapat dari kampung[/caption] Terdengar oleh kami telah tiba pula musim Katam Kaji [1] di kampung kita. Pada hari Ahad yang dahulu (22 Juni 2013) kami dengar kalau orang di Surau Tapi yang ba arak-arak. [2] Kemudian pada hari Kamis yang lalu (27 Juni 2013) tiba pula giliran orang Joho dan sekarang hari Ahad (30 Juni 2013) merupakan tipak [3] orang Koto Panjang yang berarak-arak. Memanglah pada pekan-pekan ini merupakan pekan libur sekolah bagi anak-anak sekolah. Telah menerima rapor mereka. Memanglah serupa itu dari dahulu bahwa Katam Kaji dilaksanakan oleh orang kampung kita disaat libur sekolah. Namun ada juga yang berlainan, seperti orang Dalam Koto yang akan melaksanakan selepas Hari rayo Gadang [4] dan Orang Taluak yang kabarnya akan mengadakan selepas Hari Raya Haji . [5] Kami tak pula begitu jelas pertimbangan dari kedua kampung tersebut. Mungkin engku dan

29. Tata Upacara Adat Minangkabau: Upacara Batagak Pangulu

UPACARA BATAGAK PANGULU Salah satu upacara atau alek ( ceremony ) adat Minangkabau yang paling sakral yang mendapatkan perhatian dan perlakukan khsus adalah Batagak Pangulu atau ada juga yang menyebutnya Batagak Gala .  Upacara ini merupakan peristiwa pentasbihan dan pengambilan atau pengucapan sumpah serta janji seorang Pangulu pada saat ia diangkat dan dinobatkan sebagai pemimpin kaum yang bergelar Datuak. Upacara adat ini sesuai dengan ajaran Islam sebagaimana firman Allah mengingatkan: Sesungguhnyan orang-orang yang menukar janji ( nya dengan Allah ) dan sumpah-sumpah mereka dengan harga yang sedikit maka mereka itu tidak mendapat bahagian dari ( pahala ) di akhirat, dan Allah tidak akan berkata-kata dengan mereka dan tidak akan melihat kepada mereka pada hari kahirat dan tidak ( pula ) akan menyucikan mereka. Bagi mereka adalah azab yang pedih (QS:3:77). Pada bagian lain Allah juga mengingatkan: “ Dan janganlah kamu mengikuti orang yang selalu bersumpah, lagi yang hina ” (QS 6

Luak Gadang & Luak Kaciak

Luak , begitu sebagian orang Minang menyebutnya. Atau orang sekarang lebih mengenalnya dengan sebutan sumua atau sumur. Luak adalah sumber untuk mengambil air bagi sekalian orang, sebelum dikenalnya sistim penyaluran air oleh PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) sekarang. Pada masa sekarang, hampir sekalian rumah di Kamang memiliki luak namun tidak demikian pada masa dahulu. Dahulu luak hanya dimiliki oleh sebagian keluarga dan itupun tidak berada di dekat rumah melainkan agak jauh dari rumah. sehingga menyebabkan untuk mengambil air orang-orang harus berjalan agak jauh. [caption id="attachment_749" align="alignleft" width="300"] Luak Gadang[/caption] Adalah Kampuang Lubuak sebuah kampung di Jorong Nan Tujuah di Kamang. Kampung ini memiliki luak kampung yang bernama Luak Gadang dan Luak Kaciak. Kedua luak ini memiliki kegunaan (fungsi) yang berbeda. Luak Gadang berguna untuk mencuci dan mandi sedangkan Luak Kaciak berguna untuk mengambil air minum