Langsung ke konten utama

Kepribadian Minang VII - Minang bukan keturunan

[caption id="" align="aligncenter" width="320"] Gambar: http://sulastrisyarief.blogspot.com[/caption]

Perbedaan dasar antaro silek awak jo seni beladiri urang lain baitupun falsafah bamain alang-alang, agaknyo paninggalan-paninggalan budaya nan berbentuk non beda itu, lah bacarito panjang tantang kapribadian Minang tempo dulu. Sahinggo baunnyo semerbak sampai melintasi daerah perbatasan. Labiah jauh kito manampak seolah-olah lukisan tadi sangajo diabadikan sabagai contoh jo toladan kapado anak cucuknyo, kapado kita dan katurunan sunduik basunduik untuak manjadikan nyo landasan sikap dalam hidup bamasyarakat.


Namun kito manyadari bahwa nantik[nanti] disuatu maso urang indak lain ka manyukoi gaya bahasa klasik nan kurang komunikator. Mungkin isuak rumah gadang hanyo akan ditamui di Taman Mini Indonesia Indah atau di Kabun Bungo Bukittinggi,[1] jurus-jurus Silek Minang nan unik tingga sabagai gambar-gambar mati dalam carito komik. Dan kalau ado urang yang baminat manyusun karya tulis tantang Minangkabau, silahkan datang ke Perpustakaan Laiden di Eropah. Catatannyo tasimpan dideretan buku-buku tantang mesir kuno tantang kota Memphis dan Tebe nan tenggelam juo tantang binatang-binatang purba nan lah punah dari permukaan bumi.


Hilanglah nan ma nan kahilang biakan hanyuik nan tarapuang tapi roh adat mesti dipatahankan. Apabilo padam Kapribadian Minang badatanglah lonceng kamatian Minangkabau. tinggalah Sumatera Barat sebagai sarang nan pernah bapauni daulunyo. Dengan kato lain anak-anak kito isuak ndak berhak lain mendakwahkan diri sebagai Urang Minang, tapi Saya Anak Indonesia kelahiran Sumatera Bagian Barat.


Kenapa baitu?


Sabab hakikat Minang itu bukanlah hasil seni, bukanlah wilayah, dan bukan juo katurunan, inyo adalah yo tergantunglah pado generasi kito kini. Apokah tungkek estafet itu akan ditaruihkan atau akan dilipek sampai disiko.


Apo kito basadio manjadi angkatan pengkhianat nan menggelapkan amanah? Apo kito lah siap manarimo caci maki sumpah sarapah dibelakang hari? Apo kito relakan adat dikubua samantaro kito melestarikan kehidupan gajah, harimau sampai biawak sekalipun jawapannyo ado dalam dado kito surang-surang?


Angku-angku dunsanak pandanga pado kesempatan ceramah kini nangko, izinkanlah kami malanjuikkan mambaco bahaso-bahaso sandi dalam ujud kreatifitas urang Minang. Kito piliah nan taserak kito rangkai kemudian dikonfigurasikan manjadi suatu bentuk nan bisa dicaliak sacaro konkrit.


Adopun objek yang kami piliahkan iyolah Fungsi Surau Sebagai Sarana Pendidikan Formal dan Informal dan Latar Belakang Tradisi Marantau Bagi Urang Minang.


Nan baiaklah dek utang baansua mako lansai kato basabuik mako dapek akan kito masuak sajo kapado pokok perbincangan didulang sadalung lai pandulang ameh bangka ulu diulang saulang lai panyambuang kaset na daulu.


Bismillahirrahmanirrahim..


Sesuai dengan kodratnya laki-laki dilayiakan dengan bangun tubuah nan kuat kokoh dengan nyali keberanian nan tinggi dan bapikia labiah rasional dibandiangkan dengan kaum parampuan. Barangkali dengan sagalo kalabiahannyo itulah timbua naluri ingin mampimpin, mambarikan parlindungan kapado parampuan nan memang mambutuhkan.


__________________________________________________


Tulisan ini disalin dari blog dr. H.K. Suheimi dengan alamat http://suheimi.blogspot.com yang diterbitkan pada hari Jum'at tanggal 15 Juni 2007 pukul 09.49 . Silahkan klik alamat blog untuk menuju tulisan asli.


______________________________________________________


[1] Sekarang bernama Kebun Binatang Kinantan, sebelumnya dikenal dengan nama Taman Bundo Kanduang. Populer di kalangan orang Minangkabau dengan nama Kebun Bunga, hal ini merunut kepada sejarah pembuatannya. Didirikan pada tahun 1900 oleh Pemerintah Kolonial Belanda sebagai kebun bunga, pada tahun 1938 baru dibuat bangunan rumah gadang di dalamnya, dan setelah itu mulai didatangkan berbagai jenis hewan untuk diletakkan di sana.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Katam Kaji

[caption id="attachment_779" align="alignright" width="300"] Salah satu gambar yang kami dapat dari kampung[/caption] Terdengar oleh kami telah tiba pula musim Katam Kaji [1] di kampung kita. Pada hari Ahad yang dahulu (22 Juni 2013) kami dengar kalau orang di Surau Tapi yang ba arak-arak. [2] Kemudian pada hari Kamis yang lalu (27 Juni 2013) tiba pula giliran orang Joho dan sekarang hari Ahad (30 Juni 2013) merupakan tipak [3] orang Koto Panjang yang berarak-arak. Memanglah pada pekan-pekan ini merupakan pekan libur sekolah bagi anak-anak sekolah. Telah menerima rapor mereka. Memanglah serupa itu dari dahulu bahwa Katam Kaji dilaksanakan oleh orang kampung kita disaat libur sekolah. Namun ada juga yang berlainan, seperti orang Dalam Koto yang akan melaksanakan selepas Hari rayo Gadang [4] dan Orang Taluak yang kabarnya akan mengadakan selepas Hari Raya Haji . [5] Kami tak pula begitu jelas pertimbangan dari kedua kampung tersebut. Mungkin engku dan

29. Tata Upacara Adat Minangkabau: Upacara Batagak Pangulu

UPACARA BATAGAK PANGULU Salah satu upacara atau alek ( ceremony ) adat Minangkabau yang paling sakral yang mendapatkan perhatian dan perlakukan khsus adalah Batagak Pangulu atau ada juga yang menyebutnya Batagak Gala .  Upacara ini merupakan peristiwa pentasbihan dan pengambilan atau pengucapan sumpah serta janji seorang Pangulu pada saat ia diangkat dan dinobatkan sebagai pemimpin kaum yang bergelar Datuak. Upacara adat ini sesuai dengan ajaran Islam sebagaimana firman Allah mengingatkan: Sesungguhnyan orang-orang yang menukar janji ( nya dengan Allah ) dan sumpah-sumpah mereka dengan harga yang sedikit maka mereka itu tidak mendapat bahagian dari ( pahala ) di akhirat, dan Allah tidak akan berkata-kata dengan mereka dan tidak akan melihat kepada mereka pada hari kahirat dan tidak ( pula ) akan menyucikan mereka. Bagi mereka adalah azab yang pedih (QS:3:77). Pada bagian lain Allah juga mengingatkan: “ Dan janganlah kamu mengikuti orang yang selalu bersumpah, lagi yang hina ” (QS 6

Luak Gadang & Luak Kaciak

Luak , begitu sebagian orang Minang menyebutnya. Atau orang sekarang lebih mengenalnya dengan sebutan sumua atau sumur. Luak adalah sumber untuk mengambil air bagi sekalian orang, sebelum dikenalnya sistim penyaluran air oleh PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) sekarang. Pada masa sekarang, hampir sekalian rumah di Kamang memiliki luak namun tidak demikian pada masa dahulu. Dahulu luak hanya dimiliki oleh sebagian keluarga dan itupun tidak berada di dekat rumah melainkan agak jauh dari rumah. sehingga menyebabkan untuk mengambil air orang-orang harus berjalan agak jauh. [caption id="attachment_749" align="alignleft" width="300"] Luak Gadang[/caption] Adalah Kampuang Lubuak sebuah kampung di Jorong Nan Tujuah di Kamang. Kampung ini memiliki luak kampung yang bernama Luak Gadang dan Luak Kaciak. Kedua luak ini memiliki kegunaan (fungsi) yang berbeda. Luak Gadang berguna untuk mencuci dan mandi sedangkan Luak Kaciak berguna untuk mengambil air minum