Langsung ke konten utama

Kepribadian Minang VIII - Keutamaan Perempuan Minang

[caption id="" align="aligncenter" width="314"] Gambar: https://blogminangkabau.wordpress.com[/caption]

Kemudian menyusul hak dan kewajiban antaro kaduo balah pihak, sarato pambagian tugas nan tapisah manuruik kadudukan masing-masing. Sajak manusia tingga diguo-guo sampai kapado mangenal peradaban bahkan taruih ka zaman teknologi kini nangko.


Ruponyo pambagian wewenang itu masih tampak nyato walau bateh dan versinyo mangalami perubahan-perubahan. Sekalipun akhirnyo pihak parampuan menginginkan persamaan hak. Nan sabagian lah dicapainyo tapi mustahil malawan kodrat sebab kodrat itu hadir tanpa dimintak dan tanpa dituntuik. Itu sababnyo perjuangan emansipasi kadang-kadang taraso tidak adil karano wanita ndak pernah manuntuik persamaan kawajiban.


Akan pincanglah jalannyo masyarakat sakironyo hak disamakan sadangkan kawajiban ndak saimbang. Dalam kontek iko Minangkabau menganut kaidah tersendiri, yaitu mambarikan seluruh apo nan manjadi hak-hak parampuan sasuai dengan kodratnyo pulo.


Hak perlindungan keamanan, hak pelayanan ekonomi, kedudukan sosial dan lain sabagainyo nan kasadonyo lah lamo dimiliki Parampuan Minang. Oleh sebab itu tokoh-tokoh parampuan nan mengobarkan peran emansipasi ndak pernah muncul ditanah Minang,


Karano memang tidak dibutuhkan, untuak apo manuntuik sasuatu nan lah ado dalam genggamannyo. Adat nan marupokan peraturan tatinggi dalam masyarakat terlalu banyak mambarikan fasilitas dan subsidi kepada Parampuan.


Rumah gadang secara gratis disuruah tunggu ndak kamanyeo[menyewa] ndak kamangontrak, seluruh hasil harato pusako makanlah minumlah pakailah. Nak [hendak] basuami dilamarkan sampai pun katurunan manuruik garis keibuan.


Kurang apolai parampuan ditanah baradab ko. Hanyo satu nan tak pernah lapeh dari tangan yaitu kekuasaan walaupun kadang-kadang urang laki-laki sampai mangalah ka rantau urang demi kesejahteraan dunsanak kamanakan. Namun kato putuih ado ditangan mamak, parampuan Minang tidak mengatur, tetapi diatur mereka hanyo punyo hak pakai, bukan memiliki.


Biapun kunci ado dipinggang, tapi rangkiang indak ka dibukak oleh parintah siapopun kecuali suruahan mamak. Sabaliaknyo mentang-mentang punyo kuaso seorang mamak ndak buliah saleluaso maambiak padi sabalun ado persesuaian dari bundo urang padusi.


Ndak berhak jadi penghulu, namun penghulu alun ka tagak kalau para bundo kanduang sapakaiak. Indak manarimo baitu sapanjang adait dipusako, takalau cindua mato dihadapkan sebagai terdakwa karano manculiak Puti Bungsu dari Sungai Ngiang.[1]


Seharusnya Bundo Kanduang salaku kapalo pemerintahan berhak memberikan kato hukum. Tapi kasus pelanggaran adat itu diadili oleh Basa Ampek Balai,[2] lembaga yudikatif, nan sadonyo terdiri dari laki-laki. Nan tantu sajo ateh restu dan pertimbangan sang ratu Bundo Kanduang.


____________________________________________________


Tulisan ini disalin dari blog dr. H.K. Suheimi dengan alamat http://suheimi.blogspot.com yang diterbitkan pada hari Jum’at tanggal 18 Juni 2007 pukul 15.50 . Silahkan klik alamat blog untuk menuju tulisan asli.


___________________________________________________


Catatan Kaki:


[1] Legenda Cindua Mato

[2] Basa Ampek Balai ialah majelis atau dewan yang berada di bawah Rajo Tigo Selo. Terdiri atas tiga orang pembesar yakni:
1) Tuanku Bandaro yang berkedudukan di Nagari Sungai Tarab
2) Tuanku Kadi yang berkedudukan di Nagari Padang Gantiang
3) Tuanku Indomo yang berkedudukan di Nagari Saruaso
4) Tuanku Mangkhudum yang berkedudukan di Nagari Sumaniak
kemudian ditambah dengan Tuan Gadang yang berkedudukan di Nagari Batipuah

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Katam Kaji

[caption id="attachment_779" align="alignright" width="300"] Salah satu gambar yang kami dapat dari kampung[/caption] Terdengar oleh kami telah tiba pula musim Katam Kaji [1] di kampung kita. Pada hari Ahad yang dahulu (22 Juni 2013) kami dengar kalau orang di Surau Tapi yang ba arak-arak. [2] Kemudian pada hari Kamis yang lalu (27 Juni 2013) tiba pula giliran orang Joho dan sekarang hari Ahad (30 Juni 2013) merupakan tipak [3] orang Koto Panjang yang berarak-arak. Memanglah pada pekan-pekan ini merupakan pekan libur sekolah bagi anak-anak sekolah. Telah menerima rapor mereka. Memanglah serupa itu dari dahulu bahwa Katam Kaji dilaksanakan oleh orang kampung kita disaat libur sekolah. Namun ada juga yang berlainan, seperti orang Dalam Koto yang akan melaksanakan selepas Hari rayo Gadang [4] dan Orang Taluak yang kabarnya akan mengadakan selepas Hari Raya Haji . [5] Kami tak pula begitu jelas pertimbangan dari kedua kampung tersebut. Mungkin engku dan ...

29. Tata Upacara Adat Minangkabau: Upacara Batagak Pangulu

UPACARA BATAGAK PANGULU Salah satu upacara atau alek ( ceremony ) adat Minangkabau yang paling sakral yang mendapatkan perhatian dan perlakukan khsus adalah Batagak Pangulu atau ada juga yang menyebutnya Batagak Gala .  Upacara ini merupakan peristiwa pentasbihan dan pengambilan atau pengucapan sumpah serta janji seorang Pangulu pada saat ia diangkat dan dinobatkan sebagai pemimpin kaum yang bergelar Datuak. Upacara adat ini sesuai dengan ajaran Islam sebagaimana firman Allah mengingatkan: Sesungguhnyan orang-orang yang menukar janji ( nya dengan Allah ) dan sumpah-sumpah mereka dengan harga yang sedikit maka mereka itu tidak mendapat bahagian dari ( pahala ) di akhirat, dan Allah tidak akan berkata-kata dengan mereka dan tidak akan melihat kepada mereka pada hari kahirat dan tidak ( pula ) akan menyucikan mereka. Bagi mereka adalah azab yang pedih (QS:3:77). Pada bagian lain Allah juga mengingatkan: “ Dan janganlah kamu mengikuti orang yang selalu bersumpah, lagi yang hina ” (QS 6...

Perihal Engku dan Encik

[caption id="attachment_894" align="alignleft" width="300"] Rumah Gadang yang telah Ditinggalkan di Nagari Kamang ini. Begitulah adat dan agama dianggap telah usang bagi yang muda-muda. Ditinggalkan dan dibenci. Taratik tak ada, kurang aja merajelala..[/caption] Beberapa masa yang lalu salah seorang anak bujang nan keren dan sangat gaul gayanya memberi pendapat terhadap tulisan kami di blog ini. Apa katanya “ engku encik tu ndak bahaso kamang tu doh tuan, tukalah jo nan labiah sasuai. .” Ah.. panas kepala ini dibuatnya, sesak dada kami dibuatnya, dan rusak puasa kami jadinya. Begitulah anak bujang sekarang, tak diajari oleh induaknya tak pula mendapat pengajaran dari mamaknya. Orang sekarang dalam mendidik anak ialah dengan mampalapehnya saja. Apalagi banyak orang tua yang mengidolakan ( tak e nyehan [1] ) anaknya, segala ucapan dan kelakuan anak ialah baik menurut keluarganya. Terlebih lagi bagi anak bungsu dan tongga babeleng [2] . Raso jo pareso, ...